Prioritasku, menceritakan siapa diriku…


Ada sebuah cerita hari ini yang saya baca, seperti menampar wajah saya. Cerita ini di tulis oleh pembicara kepemimpinan dan seorang penulis favorit saya, John C Maxwell. Dia bercerita tentang seorang penjaga mercusuar yang baik. Penjaga mercusuar ini bertugas supaya lampu yang ada di mercusuar itu selalu menyala pada waktu malam. Ini terjadi sebelum di temukan listrik dan bola lampu, jadi lampu mercu suar itu masih menggunakan lampu minya. Si petugas mercusuar ini di beri minyak persediaan untuk menjaga lampu itu tetap menyala selama satu bulan.

Hari-hari berlalu dengan baik, apa lagi si penjaga mercusuar adalah seorang yang pandai bergaul, dan ramah. Dalam waktu singkat, dia sudah diterima dengan baik oleh penduduk sekitar. Beberapa waktu kemudian, datanglah seorang wanita desa tersebut meminta minyak darinya untuk menyalakan perapian di rumahnya, agar keluarganya tetap hangat. Karena di pikirnya, itu tidak melanggar hukum dan dia kasihan kepada wanita tersebut, diberikannya sedikit minyak kepada wanita itu. Lalu dilain waktu ada beberapa orang dating meminta sedikit minyak untuk menyalakan lampu, melumasi rantai dan hal-hal lainnya. Si penjaga yang baik hati ini, dengan dermawan memberikannya.

Tanpa disadari persediaan minyak untuk lampu mercusuar itu semakin menipid. Hingga suatu malam, minyak yang dimilikinya telah habis. Sedangkan dia belum menerima kiriman persediaan minyak kembali, karena memang belum satu bulan. Pada malam itu lampu mercusuar tidak menyala, sedangkan laut di sekitar mercusuar itu terdapat banyak batu karang. Pada malam itu dilaporkan beberapa kapal karam, dan nyawa beberapa awaknya meninggal dunia karena tak tertolong. Hal itu terjadi karena mercusuar itu lampunya tidak menyala.

Si penjaga mercusuar ini mengingatkan pada diri saya. Seringkali saya tidak mengingat apa tugas saya, dan mana yang menjadi prioritas saya yang utama. Melakukan kebaikan, itu sesuatu yang mulia. Namun jika karena hal itu, saya harus mengorbankan apa yang menjadi prioritas utama saya, maka saya adalah pribadi yang tidak bertanggung jawab dan tidak bisa dipercaya. Apa yang saya lakukan bukan hanya berdampak terhadap kehidupan saya sendiri, tetapi masih ada rentetan kejadian yang akan berimbas kepada banyak orang di sekitar saya, bahkan kepada mereka yang saya sama sekali tidak pernah tahu.

Menjaga prioritas kehidupan bukanlah sesuatu yang mudah. Menjaga untuk mengutamakan apa yang utama, menolak yang baik untuk bisa mencapai yang terbaik, terkadang membutuhkan banyak pengorbanan. Seringkali karena hal itu, ada pandangan-pandangan sinis yang terarah kepada kita. Namun itu lebih baik dari pada Anda menyesalinya.

John C Maxwell juga mengutip kata-kata seperti ini, mungkin tidak persis sama:

Jika seseorang terfokus pada satu hal dalam hidupnya, biasanya dia akan mendapatkan pada akhirnya. Namun jika orang memiliki banyak keinginan, pada akhirnya dia akan menuai apa yang ditaburnya, yaitu penyesalan karena tidak mencapai satupun keinginannya.

Prioritas berbicara juga tentang fokus kehidupan kita. Pada hal ini John Maxwell membagikan prinsip yang dipelajarinya dalam dunia bisnis, yaitu prinsip pareto. Prinsip ini adalah sebuah hukum kehidupan, artinya hal ini berlaku bukan hanya dalam dunia bisnis. Prinsip pareto ini adalah tentang prinsip 20/80. Artinya seperti ini, 20 % kegiatan kita menghasilkan 80 % hasil yang kita terima, demikian sebaliknya. Yang terpenting adalah mengetahui mana tindakan yang 20 % ini, yang memberi kita 80% hasil. Jika Anda ingin sukses dalam kehidupan ini, tentukan apa yang menjadi fokus 20% Anda. Kesuksesan bukan berbicara tentang seberapa keras Anda bekerja, namun seberapa SMART Anda menangani pekerjaan Anda. Kerja keras bukan berarti produktifitas. Prioritas dan tindakan Anda yang Smart akan menentukan seberapa sukses hidup Anda. Jadi, be SMART and success guys…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • artikel paling top

    • Tak ada
AsiXyo Photography

Art Photography

Maholtraway

Life is about your daily choice

...::: Sm@rT :::...

Just another WordPress.com weblog

copywriter

Just another WordPress.com weblog

%d blogger menyukai ini: