Mengukur Nilai Kesuksesan Pribadi


Kurasa ini artikel yang bagus buat kita… sumber http://www.suarapembaruan.com tgl 18 januari 2008.

Berapakah Anda menilai kesuksesan hidup Anda di tahun 2007 yang lalu? Berapakah nilai yang Anda ingin capai di tahun 2008 ini?

Tidak ada orang yang ingin mengalami kegagalan. Semua orang ingin mengalami dan merasakan sukses dalam hidup. Anak-anak pun ingin berhasil di sekolah. Yang muda ingin berhasil dalam kehidupan karier dan cinta. Sementara orang dewasa menginginkan agar kehidupan selanjutnya dan generasi setelah mereka lebih baik lagi.

Semua orang ingin berhasil dalam hidup mereka, namun apakah arti keberhasilan itu sebenarnya? Saya telah menanyakan hal ini kepada berbagai orang, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Umumnya orang mengatakan bahwa sukses berarti mendapatkan apa yang diharapkan. Sebagian orang mengemukakan bahwa sukses adalah mampu memaksimalkan apa yang kita miliki dalam diri. Sementara sebagian lainnya menjelaskan bahwa kesuksesan tidak boleh hanya dirasakan oleh diri sendiri melainkan juga bermanfaat bagi lingkungan.

Tampaknya apa yang diungkapkan oleh orang- orang yang tersebut dapat ditangkap dengan jelas oleh John C Maxwell. Dalam buku Your Road Map for Success, Maxwell mengemukakan arti sukses adalah mengetahui tujuan hidup, bertumbuh untuk mencapai potensi maksimum, dan menebarkan benih yang bermanfaat bagi orang lain.

Menurut Maxwell, kriteria kesuksesan yang pertama adalah kehidupan yang bertujuan. Kenyataannya ada tiga tipe orang di dunia ini. Yang pertama adalah orang yang membiarkan hidupnya mengalir begitu saja. Orang seperti ini memiliki prinsip seperti air mengalir. Mereka tidak pernah membuat rencana dan tidak memiliki jadwal dalam kegiatan sehari- hari. Bagi mereka semboyan que sera-sera adalah moto hidup.

Lalu tipe yang kedua adalah orang yang menghabiskan waktunya dengan mengikuti kehidupan orang lain. Mereka memiliki sederet orang-orang yang mereka anggap penting dan menginspirasikan dan terutama menjadi idola. Mereka tidak membuat pilihan sendiri melainkan menjalankan hidup seperti tokoh idola mereka mulai dari pilihan pakaian sampai pada pilihan karier.

Sementara tipe ketiga adalah sedikit orang dalam dunia yang memutuskan secara pribadi apa yang akan terjadi dalam hidup mereka. Orang-orang seperti ini tahu dengan jelas apa yang menjadi tujuan hidup mereka. Tujuan itu mengarahkan rencana, pilihan, dan segala tindakan mereka. Mereka berani menentukan dan mengambil sikap atas apa yang akan terjadi dalam hidup mereka.

Menurut Maxwell, orang yang mengetahui tujuan hidup memiliki potensi kepemimpinan dalam diri mereka. Kepemimpinan adalah kemampuan untuk mengambil tindakan di saat orang lain merasa ragu. Orang-orang yang berani mengambil tindakan di saat orang lain takut, ragu, dan bahkan seringkali mencela mereka adalah para pemimpin yang sukses dalam kepemimpinannya.

Mengetahui tujuan dalam hidup adalah langkah pertama, langkah berikutnya adalah mengembangkan diri mencapai potensi maksimal. Kalau kita berhenti pada titik tertentu setelah puas karena telah mendapatkan apa yang diinginkan berarti kita tidak mengalami pertumbuhan untuk mencapai potensi maksimal. Orang yang bertumbuh adalah orang yang berani melakukan perubahan dalam hidup mereka. Mereka terus-menerus berusaha untuk memperbaiki diri agar lebih baik dan lebih maksimal dalam hidup. Dengan demikian, mereka adalah orang yang tidak merasa cepat puas dengan apa yang sudah mereka miliki saat ini.

SP/Ignatius Liliek

Salah satu sikap penting yang berkaitan dengan tidak merasa cepat puas adalah bersikap konsisten. Konsistensi dalam hidup merupakan ciri pertumbuhan yang utama. Hal ini berarti memiliki disiplin yang kuat dalam melakukan apa yang kita yakini menjadi tujuan dan panggilan hidup kita. Pepatah Cina mengatakan, “Perjalanan seribu langkah dimulai dari satu langkah”.

Setelah mencapai potensi maksimal, kesuksesan tidak berhenti hanya pada kepuasan diri melainkan pada makna yang dirasakan oleh lingkungan kita. Orang- orang di sekitar kita menentukan kesuksesan kita. Bahkan ada pepatah yang mengatakan bahwa di balik kesuksesan seorang pria, ada seorang wanita yang berperan.

Seringkali bahkan mungkin tidak disadari orang-orang seperti keluarga dan teman sangat berperan dalam kesuksesan kita. Kadang kita terlalu asyik dengan ambisi dan mimpi pribadi dan mengabaikan orang-orang di sekitar kita. Kesuksesan akan lebih terasa manis jika orang-orang lain dapat merasakan dampak dari keberhasilan kita.

Yang kita perlu lakukan adalah mulai berpikir untuk berbagi keberhasilan yang diraih dengan orang lain. Salah satu hal penting yang perlu dilakukan adalah menemukan orang yang tepat untuk berbagi. Kita perlu memikirkan bagaimana dapat membawa serta keluarga dalam perjalanan kesuksesan kita.

Mungkin kita juga menyadari bahwa teman kerja kita adalah orang yang dapat berpengaruh terhadap perjalanan kesuksesan. Kita perlu menemukan orang yang tepat untuk berbagi dalam proses perjalanan hidup kita.

Selain itu, kita juga perlu mengembangkan hubungan dengan orang-orang di sekitar kita. Dengan tidak berpusat pada diri sendiri dan mengembangkan rencana untuk kesuksesan orang lain, kita sedang mengambil langkah besar dalam perjalanan kesuksesan pribadi kita sendiri.

Oleh karena itu, kita perlu memiliki sikap yang positif untuk menolong orang lain tanpa pamrih dan menempatkan orang lain sebagai prioritas. Sikap ini akan membawa kepuasan yang jauh terasa lebih besar daripada kepuasan atas pencapaian ambisi dan mimpi pribadi.

Evans Garey, Staf Pengajar Fakultas Psikologi Ukrida.

Salah satu statement yang sangat berkesan dari buku-buku John Maxwell yang menginspirasi saya adalah bahwa keberhasilan hidup ini adalah mengenai kebermaknaan. Dan dalam perjalanan kehidupan in, proses yang berlangsung adalah untuk menjadikan pribadi kita mememiliki karakter lebih baik. Bukankah Tuhan memanggil kita pulang tanpa membawa apapun, tidak harta, tidak nama besar, tidak juga kekasih kita. Kita kembali padanya hanya membawa diri kita sendiri dihadapannya. Saat itulah kita diperhadapkan untuk mempertanggung jawabkan kehidupan yang sudah Tuhan percayakan.

Jadi dari sanalah kesuksesan utama kita diukur. Sebuah karakter yang memberi dampak bagi orang lain.  Jadi mari kita bertumbuh ke arah sana

Be smart and success….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • artikel paling top

    • Tak ada
AsiXyo Photography

Art Photography

Maholtraway

Life is about your daily choice

...::: Sm@rT :::...

Just another WordPress.com weblog

copywriter

Just another WordPress.com weblog

%d blogger menyukai ini: